Membuat Converter Text Ke Bilangan Biner Dan Bilangan Biner Ke Text Dengan Vb.Net

Membuat Converter Text Ke Bilangan Biner Dan Bilangan Biner Ke Text Dengan Vb.Net

Membuat Converter Text ke Bilangan Biner dan Bilangan Biner ke Text dengan VB.Net – Selamat malam para teman blogger semuanya, kembali lagi bersama saya guzko di tutorial yang sederhana ini. Semoga kedatangan para teman blogger ke blog saya ini mampu menerima inspirasi dan manfaat.


Baiklah, kali ini saya akan membagikan tutorial ibarat judul diatas yaitu Membuat Converter Text ke Bilangan Biner dan Bilangan Biner ke Text dengan VB.Net. Mungkin dari teman blogger ada yang sudah tau apa itu bilangan biner. Atau mungkin juga dari teman blogger ada yang belum tau apa itu bilangan biner. Saya akan jelasin sedikit apa itu bilangan biner?


Apa itu Bilangan Biner ?


Sistem bilangan biner atau juga yang dikenal dengan sistem bilangan baris dua yaitu sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 1 dan 0. Sistem bilangan biner modern ditemukan oleh Gottfried Wilhelm Leibniz pada era ke-17. Sistem bilangan biner ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Dari sistem biner, kita mampu mengkonversinya ke sistem bilangan oktaf atau hexadecimal. Sistem ini juga mampu kita sebut dengan istilah bit atau Binary Digit. Pengelompokan biner dalam selalu berjumlah 8, dengan istilah 1 Byte/bita. Dalam istilah komputer, 1 Byte = 8 bit. Kode-kode rancang bangun komputer, ibarat ASCII (American Standart Code for Information Interchange) menggunakan sistem peng-kodean 1 Byte.


Sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_bilangan_biner


oke sekian dulu penjelasan saya tentang apa itu bilangan biner. Sekarang kita akan membuat konverter dari text ke bilangan biner dan sebaliknya.


1. Buka Visual Studio
Pertama Buka Visual Studio teman bloger dan buat project baru. Design ibarat gambar dibawah ini :


Membuat Converter Text Ke Bilangan Biner Dan Bilangan Biner Ke Text Dengan Vb.Net

2. Kode Pada Button Convert Binary ke Text
Jika sudah membuat design ibarat gambar tersebut, maka sekarang lakukan proses peng-codingan pada button “convert binary to text”, inputkan instruksi dibawah ini :


 TextBox1.Text = TextBox2.Text         Dim values As String = Nothing         Dim Character As String = System.Text.RegularExpressions.Regex.Replace(TextBox1.Text, "[^01]", "")         Dim ByteArrays((Character.Length / 8) - 1) As Byte         For Index As Integer = 0 To ByteArrays.Length - 1             ByteArrays(Index) = Convert.ToByte(Character.Substring(Index * 8, 8), 2)         Next         values = System.Text.ASCIIEncoding.ASCII.GetString(ByteArrays)         TextBox2.Text = values 

3. Kode Pada Button Convert Text ke Binary
sekarang lanjutkan dengan membuat coding pada button “convert text to binary”, inputkan instruksi ibarat dibawah ini :


Dim value As String = Nothing         Dim re As New System.Text.StringBuilder         For Each Character As Byte In System.Text.ASCIIEncoding.ASCII.GetBytes(TextBox1.Text)             re.Append(Convert.ToString(Character, 2).PadLeft(8, "0"))             re.Append(" ")          Next         value = re.ToString.Substring(0, re.ToString.Length - 0)         TextBox2.Text = value 

demikianlah tutorial saya tentang Membuat Converter Text ke Bilangan Biner dan Bilangan Biner ke Text dengan VB.Net. Semoga tutorial ini mampu menawarkan teman blogger manfaat atau mungkin teman blogger mampu berbagi kembali instruksi ini. Silahkan teman blogger berkreativitas.


Kita jumpa lagi dilain waktu dengan tutorial yang berbeda. see….uuuuu
Sumber http://guz-kopyok.blogspot.com/


Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Xampp Phpmyadmin Error

Mengatasi Port Yang Bentrok Di Windows

Membuat Aplikasi Barcode Dengan Java Netbeans